Blog | Mohamad Rido Support Categories License
Solved: Cara Install Blender 2.79b di Linux Debian 11 Bullseye

Solved: Cara Install Blender 2.79b di Linux Debian 11 Bullseye

December 21, 2022

Pada awal release Debian 11 Bullseye, saya masih bisa menginstall Blender 2.79b dari Software atau dari Terminal. Untuk menghidari Blender 2.79b ikut terupdate otomatis ke versi selanjutnya ketika menggunakan apt update dan apt upgrade, saya menggunakan apt-mark hold blender di terminal. Setelah beberapa bulan terdapat update pada Debian 11 yang membuat tidak bisa lagi install Blender 2.79b, akan tetapi sudah menjadi Blender 2.83 secara otomatis, baik itu dari Software atau dari Terminal. Hal ini saya ketahui karena setelah beberapa bulan tersebut saya coba-coba “Debian Sid” (Debian Unstable version) dan mengalami kesulitan untuk kembali ke “Debian Stable”, jadi saya install ulang.

Alasan menggunakan Blender 2.79b adalah perangkat yang saya gunakan masih OpenGL 2.1 (versi lama), sedangkan untuk menjalankan Blender 2.8x harus sudah mendukung OpenGL 3.3 ke atas (versi baru). Untuk perangkat dengan OpenGL 2.1 bisa mengikuti langkah yang sudah saya lakukan berikut ini:

Install Snap


Buka Terminal dan masuk mode super user/mode root dengan ketik:

su
apt update
apt install snapd

Restart komputer dan buka Terminal kemudian ketik:

su
snap install core




Restart komputer, atau bisa ikuti petunjuk dari web resminya disini.

Install Blender 2.79b


Buka Terminal dan masuk mode super user/mode root dengan ketik:

su
snap install blender –channel=2.79/stable –classic




Sampai disini, Blender 2.79b sudah bisa dijalankan pada Debian 11 Bullseye. Tetapi icon launcher tidak muncul, sehingga terlihat tidak menarik.

Fix icon launcher tidak muncul


Catatan: Pada bagian ini saya lanjutkan di hari kedua, bisa dilihat dari screenshot tanggalnya. Dan screenshot dengan tanggal terbaru itu adalah langkah yang sudah saya perbaiki.

Buka Terminal sebagai super user/mode root, kemudian ketik:

nautilus

Jika belum ada, bisa install dulu dengan ketik apt install nautilus. Setelah terbuka, klik kanan pada file “blender_blender.desktop” yang berada di folder: Filesystem root/var/lib/snapd/dekstop/applications/blender_blender.desktop pilih “Open With TextEditor”.



Setelah TextEditor/gedit terbuka, scroll ke bawah sampai ketemu kode:

Exec=env

kemudian bawah tambahkan kode:

Icon=/snap/blender/20/icons/256x256/apps/blender.png

dan klik “Save”.



Sekarang klik Activities > Show Applications > Blender (scroll ke bawah untuk lihat install terbaru), kemudian klik kanan icon dan pilih “Add to Favorites”. Icon tersebut juga muncul pada pop-up ketika klik kanan file dengan ekstensi .blend, untuk saat ini hanya icon di Activities > Show Applications > Blender saja yang belum bisa saya tampilkan.



Update 25 Des 2022


Icon di Activities > Show Applications > Blender bisa saya munculkan secara tidak sengaja, dengan cara ubah /blender_blender.dekstop sehingga menjadi /blender.dekstop, klik “Save” dan keluar.



Kemudian rename file blender_blender.dekstop sehingga menjadi blender.dekstop



Buka Activities > Show Applications > Blender untuk cek icon yang sudah berubah. Selanjutnya rename kembali file blender.dekstop tadi ke awal lagi, sehingga menjadi blender_blender.dekstop dan buka filenya. Ubah kembali /blender.dekstop tadi ke awal lagi, sehingga menjadi /blender_blender.dekstop klik “Save”.

Prev